Apa itu Interaksi Manusia dan Komputer ( IMK ) ?
* Definisi IMK
Hci (human computer interaction) atau interaksi manusia dan komputer, didefinisikan sebagai disiplin ilmu
yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi dan implementasi sistem computer
interaktif untuk digunakan oleh manusia dan studi tentang fenomena
disekitarnya.
Hci pada prinsipnya membuat agar sistem
dapat berdialog dengan penggunanya seramah mungkin.
Sekumpulan proses, dialog dan kegiatan
dimana melaluinya pengguna memanfaatkan dan berinteraksi dengan computer.
Suatu disiplin ilmu yang menekankan pada
aspek desain evaluasi dan implementasi dari sistem computer interaktif untuk
kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena disekitar manusia
itu sendiri.
1. Tujuan IMK
User friendly (ramah dengan pengguna):
kemampuan yang dimiliki oleh software atau program aplikasi yang mudah
dioprasikan dan mempunyai sejumlah kemampuan lain sehingga pengguna merasa
betah dalam mengoprasikan program tersebut, bahkan bagi seorang pengguna pemula
WYSWYG ( what you see is what you get ). Mengurangi frustasi ketidakamanan dan
kebingungan pada pengguna implikasi ; meningkatkan kepuasan kerja dan
menurunkan tingkat absensi pekerja.
Bidang
yang mempengaruhi IMK
-
Teknik elektronika / ilmu computer
Bidang ini membantu memahami perangkat keras dan perangkat lunak yang
digunakan dalam merancang interaksi manusia dan computer.
-
Psikologi
Bidang
ini memberikan pemahaman pemahaman tentang sifat dan kebiasaan manusia yang
berbeda-beda, kemampuan kognitif dalam memecahkan masalah dan keterampilan
motoric pengguna yang beraneka ragam contoh : button kirim wa ada di kanan
- perancangan grafis dan tipografi
Bidang ini memberikan pemahaman tentang penggunaan rancangan
grafis seprti gambar akan lebih bermakna dari pada teks / tulisan. ( contoh :
menu icon )
-
Egronomi
Bidang ini membahas tentang aspek fisik yang mendukung dalam menciptakan
lingkungan kerja yang nyaman contoh : desain mesin fingerscan
-
Antropologi
Bidang ini memberikan pemahaman tentang cara kerja manusia yang kadang
berkelompok baik pada waktu dan tempat yang sama maupun berbeda contoh :
standarisasi nilai rupiah/ indeks mata uang
-
Linguistic
Merupakan ilmu yang mempelajari tentang bahasa bidang ini membantu dalam
menciptakan suatu dialogyang diperlukan untuk komunikasi yang memadai antara
user dan computer. Dialog ini biasanya menggunakan bahasa khusus seperti (
bahasa grafis, bahasa menu, bahasa perintah dll. )
-
Sosiologi
Bidang ini memberikan pemahaman tentang pengaruh interaksi manusia dan
computer dengan aspek social masyarakat
-
Rekayasa perangkat lunak
Faktor ini yang bisa menciptakan suatu program yang efektif efisien serta
user friendly
-
Kecerdasan buatan
Bagian ilmu computer yang bertujuan agar computer dapat melakukan
pekerjaan sebaik yang dilakukan manusia . faktor ini berperan penting untuk
menciptakan suatu sistem yang handal, canggih dan menyerupai pola pikir manusia
contoh : auto pilot
-
Multimedia (graphic design)
Multimedia
digunakan sebagai sarana dialog yang sangat efektif antara manusia dan
computer. Dengan adanya multimedia ini tampilan suatu sistem yang dibuat akan
lebih menarik dan lebih mudah dimengerti manusia ( contoh : iklan full animasi
).
Komentar
Posting Komentar