Perbandingan Kecakapan dan Permodelan System Pengolahan
Permodelan system
pengolahan
1.
Pengolahan (secara) sadar dan otomatis
Pengolahan secara sadar, terjadi ketika ada rangsangan yang datang
dibagian intelektual yang memerlukan waktu untuk mendapatkan tanggapan sesuai.
Pengolahan secara otomatis terjadi karena tindakan sering terjadi dan
bersifat reflek ( waktu yang singkat )
Semua tindakan berawal dari pengolahan sadar dan berkembang menjadi
pengolahan otomatis.
2.
Register sensori
Register sensori penglihatan
memiliki presentasi atau kemenetapan sebesar 0,2 detik
Register sensori pendengaran
memiliki persistensi atau kemenetapan sebesar 2 detik.
3.
Kanal kapasaitas rendah
Laju data masukan secara sadar mempunyai kecepatan rendah sementara laju
masukan secara tidak sadar mempunyai kecepatan yang jauh lebih tinggi.
4.
Pengingat jangka pendek
Pengingat jangka pendek dapat dilihat sebagai penyimpanan sementara dan
informasi yang ada disimpan dalam bentuk terkodekan bukan dalam bentuk fisik.
Pengingat jangka pendek mempunyai kapasitas 7 sampai dengan 2 chunk
informasi ( miller, 1956)
Chunk berhubungan dengan segala sesuatu yang dapat dirasakan orang
sebagai satu entitas yang berarti.
Pengingat jangka pendek mempunyai waktu penyimpanan yang sangat singkat
sekitar 20-30 detik.
Missal :02178126732 menjadi 021-781-267-32
5.
Pengingat jangka panjang
Informasi dalam pengingat jangka pendek akan dikirim oleh pengingat
jangka panjang dengan kesadaran penuh. Disebut belajar atau suatu proses yang
berulang-ulang.
Waktu penyimpanan jangka panjang hingga kini belum ada penelitinya berapa
lama ?
Strategi yang paling banyak dilakukan untuk meningkatkan kemampuan
pengingat jangka panjang adalah dengan cara melakukan kontrak dengan sumber
informasi sesering mungkin
6.
Sikap dan kecemasan pengguna
Kecemasan pengguna seringkali ditimbulkan karena adanya rasa takut berbuat salah pada system yang belum mereka
kenal kesalahan aktifitas yang menurut dugaan pengguna dapat menyebabkan
kerusakan system dan juga tekanan dari luardari pengguna.kecemasan yang
berlebihan akan menimbulkan sikap negative yang pada akhirnya akan memperburuk
kinerja seorang pengguna.
Dengan
demikian system computer harus dirancang agar mempunyai sifat yang ramah
pengguna ( user friendly).
Komentar
Posting Komentar