Perbandingan Kecakapan dan Permodelan System Pengolahan

1.       Perbandingan kecakapan relative manusia dan computer
1.       

Permodelan system pengolahan

1.       Pengolahan (secara) sadar dan otomatis
Pengolahan secara sadar, terjadi ketika ada rangsangan yang datang dibagian intelektual yang memerlukan waktu untuk mendapatkan tanggapan sesuai.
Pengolahan secara otomatis terjadi karena tindakan sering terjadi dan bersifat reflek ( waktu yang singkat )
Semua tindakan berawal dari pengolahan sadar dan berkembang menjadi pengolahan otomatis.
2.       Register sensori



  

Register sensori penglihatan memiliki presentasi atau kemenetapan sebesar 0,2 detik
Register sensori pendengaran memiliki persistensi atau kemenetapan sebesar 2 detik.
3.       Kanal kapasaitas rendah
Laju data masukan secara sadar mempunyai kecepatan rendah sementara laju masukan secara tidak sadar mempunyai kecepatan yang jauh lebih tinggi.

4.       Pengingat jangka pendek
Pengingat jangka pendek dapat dilihat sebagai penyimpanan sementara dan informasi yang ada disimpan dalam bentuk terkodekan bukan dalam bentuk fisik.
Pengingat jangka pendek mempunyai kapasitas 7 sampai dengan 2 chunk informasi ( miller, 1956)
Chunk berhubungan dengan segala sesuatu yang dapat dirasakan orang sebagai satu entitas yang berarti.
Pengingat jangka pendek mempunyai waktu penyimpanan yang sangat singkat sekitar 20-30 detik.
Missal :02178126732 menjadi 021-781-267-32

5.       Pengingat jangka panjang
Informasi dalam pengingat jangka pendek akan dikirim oleh pengingat jangka panjang dengan kesadaran penuh. Disebut belajar atau suatu proses yang berulang-ulang.
Waktu penyimpanan jangka panjang hingga kini belum ada penelitinya berapa lama ?
Strategi yang paling banyak dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pengingat jangka panjang adalah dengan cara melakukan kontrak dengan sumber informasi sesering mungkin

6.       Sikap dan kecemasan pengguna
Kecemasan pengguna seringkali ditimbulkan karena adanya rasa takut  berbuat salah pada system yang belum mereka kenal kesalahan aktifitas yang menurut dugaan pengguna dapat menyebabkan kerusakan system dan juga tekanan dari luardari pengguna.kecemasan yang berlebihan akan menimbulkan sikap negative yang pada akhirnya akan memperburuk kinerja seorang pengguna.

Dengan demikian system computer harus dirancang agar mempunyai sifat yang ramah pengguna ( user friendly).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip Antar Muka menurut Deborah

Macam - Macam Manipulasi pada IMK

Kebergunaan ( IMK )